Selasa, 10 Oktober 2017

Cara Mudah Memasang Relay Klakson

Memasang relay klakson sebenarnya tak semudah yang dipikirkan. Banyak hal yang perlu dilakukan untuk hal tersebut, bahkan bisa dibilang cukup sulit untuk melakukannya. Ada berbagai cara untuk dilakukan, dan ada beberapa alat  yang harus disediakan terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan relay klakson pada motor. Bahan-bahannya seperti Socket Relay + terminal konektor, Relay 4 kaki , Fuse Box  + terminal konektor, Fuse / Sikring yang disesuaikan dengan beban arusnya, misalnya 10 Ampere, Kabel tebal serabut diameter 5mm, Terminal Ring 10mm. Bahan-bahan seperti itu harus ada untuk 4 kaki. Cara memasangnya pun ada 2 macam system, yaitu dikontrol oleh tegangan positif dan tegangan negative. Biasanya system yang dikontrol oleh tegangan negative menggunakan 2 kabel yang dimana satu kabel tersebut untuk positif dan satu lagi ke saklar pengontrol. System yang dikontrol oleh tegangan positif biasanya menggunakan satu kabel saja dari saklar pengontrol, dan kabel satunya lagi mengambil negative dari ground body.

Yang pertama system negative terlebih dahulu. Untuk memasangnya, kaki relay nomor 30 menuju Positif Accu (kabel harus tebal, langsung dari Accu). Kedua, kaki relay nomor 87 menuju Positif Klakson (kabel ukuran tebal atau sedang). Ketiga, kaki relay nomor 85 menuju salah satu Kabel klakson (A). keempat, kaki relay nomor 86 menuju salah satu kabel klakson (B). Harus diketahui terlebih dahulu, pemasangan kabel dari kaki 85 dan 86 boleh terbolak balik polaritasnya. Kemudian dikarenakan adanya perbedaan lokasi kaki relay pada beberapa merek relay yang ada, harap perhatikan nomor yang ada pada kakinya sebelum memasang. Diingatkan lagi, sebelum memasang harus diperhatikan nomor yang ada pada kakinya.

Kemudian pada system positif. Pertama yang terlebih dahulu, kabel standar yang menuju klakson dipotong, untuk bagian atas beri kode A, dan bagian yang menuju klakson beri kode B. kemudian kaki relay nomor 30 menuju Positif Accu (kabel harus tebal, langsung dari Accu). Kedua, kaki relay nomor 87 menuju Positif Klakson (kabel ukuran tebal atau sedang). Ketiga, kaki relay nomor 85 menuju salah satu Kabel klakson (A). Keempat, kaki relay nomor 86 dihubungkan ke body motor (negatif/ground). Perlu diingatkan sekali lagi, dikarenakan adanya perbedaan lokasi kaki relay pada beberapa merek relay yang ada, harap perhatikan nomor kakinya, sebelum memasang! Sekali lagi, sebelum memasang klakson diharapkan perhatikan nomor kakinya. Selain untuk klakson, untuk pemasangan lampu tambahan juga atau merubah lampu ke daya lebih besar dari sebelumnya juga memiliki cara yang sama seperti cara memasang klakson tadi. Manfaat-manfaat yang di dapat dengan menggunakan rangkaian relay ini yaitu klakson akan bersuara lebih lantang atau lebih keras dari sebelumnya, jika memasang lampu juga lampu tersebut akan menyala lebih terang. Dan juga saklar kalkson atau lampu (jika dipasang) akan lebih awet dari sebelumnya.

Hal seperti ini dapat dilakukan oleh seseorang yang pernah berpengalaman atau seseorang yang ahli dalam hal seperti ini. Bagi seorang pemula, hal seperti ini akan sulit untuk dilakukan, disarankan untuk memasang relay ini bersama seseorang yang ahli dan berpengalaman dalam bidangnya. Dengan cara seperti itu, selain belajar dari ahlinya, akan bisa mengerti apa yang diperbolehkan dan apa yang tidak diperbolehkan dalam memasang relay klakson.



Tips cara pasang relay klakson lainnya, http://www.gilamotor.com/2017/04/cara-pasamg-relay-klakson-motor/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Mudah Memasang Relay Klakson

Memasang relay klakson sebenarnya tak semudah yang dipikirkan. Banyak hal yang perlu dilakukan untuk hal tersebut, bahkan bisa dibilang cuk...